Fish

Sabtu, 07 Juli 2012

LAPORAN PENDAHULUAN

I. MASALAH UTAMA II. PROSES TERJADINYA MASALAH (Meliputi : pengertian, faktor predisposisi, presipitasi, tanda dan gejala serta akibat) III. A. POHON MASALAH B. MASALAH KEPERAWATAN DAN DATA YANG PERLU DIKAJI 1. Masalah keperawatan DS : DO : 2. Masalah keperawatan DS : DO : 3. Masalah keperawatan DS : DO : 4. dst.. IV. DIAGNOSA KEPERAWATAN 1. 2. 3. 4. dst…. V. RENCANA TINDAKAN (Sesuai dengan SOP, buat table) STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN (SP) KOMUNIKASI KEPERAWATAN Tanggal : Interaksi ke : Jam : A. PROSES KEPERAWATAN 1. Kondisi Klien : 2. Diagnosa Keperawatan : 3. Tujuan Khusus : 4. Tindakan Keperawatan : B. STRATEGI KOMUNIKASI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN 1. Fase Orientasi a. Salam Terapeutik : b. Evaluasi/Validasi : c. Kontrak (topik, waktu, tempat) : 2. Fase Kerja : (Operasional apa yang akan diucapkan oleh perawat sesuai dengam tujuan khusus dan tindakan keperawatan) 3. Fase Terminasi : a. Evaluasi Respon : Subyektif : Obyektif : b. Rencana Tindak Lanjut : c. Kontrak yang akan datang (topik, waktu, tempat) : D. KOMUNIKASI TERAPEUTIK 1. Teknik komunikasi terapeutik yang digunakan : 2. Sikap komunikasi terapeutik yang digunakan : FORMAT ASUHAN KEPERAWATAN PASIEN DI IGD 1. PENGKAJIAN Dilakukan pada tanggal : jam : oleh : Informan : a. Identitas Klien. Nama : Umur : Jenis kelamin : Suku/Bangsa : Agama : Status : Pendidikan : Pekerjaan : Alamat : Diagnosa Medis : b. Identitas Penanggung jawab. Nama : Umur : Jenis Kelamin : Pekerjaan : Alamat : Hubungan dengan klien : c. Alasan masuk : d. Data Fokus Data Subyektif : Data obyektif : 2. DIAGNOSA KEPERAWATAN : 3. INTERVENSI : 4. IMPLEMENTASI : 5. EVALUASI : S : O : A : P : FORMAT LAPORAN KEGIATAN DI RUANG ECT Nama Mahasiswa : Hari/Tanggal :................................. jam .............................. 1. IDENTITAS KLIEN Nama : Umur : Jenis kelamin : Suku/Bangsa : Agama : Status : Pendidikan : Pekerjaan : Alamat : Diagnosa Medis : No Register : Ruang rawat : Diagnosa Keperawatan : ECT ke : kali 2. PROSEDUR PELAKSANAAN ECT a. Persiapan ECT b. Pelaksanaan ECT c. Perawatan post ECT FORMAT LAPORAN KEGIATAN DI RUANG REHABILITASI Nama Mahasiswa : Hari/Tanggal :................................. jam .............................. 1. IDENTITAS KLIEN Nama : Umur : Jenis kelamin : Suku/Bangsa : Agama : Status : Pendidikan : Pekerjaan : Alamat : Diagnosa Medis : No Register : Ruang rawat : Diagnosa Keperawatan : Rehabilitasi ke : kali Jenis Rehabilitasi : 2. PROSEDUR PELAKSANAAN REHABILITASI a. Persiapan b. Pelaksanaan c. Manfaat Rehabilitasi bagi Pasien d. Rencana Pasien Setelah Rehabilitasi dan setelah pulang ke rumah PRE PLANNING TERAPI AKTIFITAS KELOMPOK (TAK) A. TOPIK : B. TUJUAN : C. KRITERIA KLIEN : D. URAIAN STRUKTUR KELOMPOK : (susunan acara yang akan dilaksanakan) E. METODE : F. ANTISIPASI MASALAH G. KRITERIA EVALUASI H. PROSES EVALUASI : I. MEDIA/ALAT : J. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN 1. Persiapan a. Memilih klien sesuai dengan indikasi (contoh : klien dengan perubahan sensori persepsi: halusinasi) b. Membuat kontrak dengan klien. c. Mempersiapkan alat, tempat dan setting pertemuan. 2. Orientasi a. Salam terapeutik 1) Salam dari terapis kepada klien 2) Perkenalkan nama dan panggilan terapis (pakai papan nama) 3) Menanyakan nama dan panggilan semua klien (beri papan nama) b. Evaluasi dan validasi: menanyakan perasaan klien saat ini c. Kontrak: 1) Terapis menjelaskan tujuan kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu mengenal suara-suara yang datang 2) Terapis menjelaskan aturan main berikut: • Jika ada klien yang ingin meninggalkan kelompok, harus minta izin kepada terapis. • Lama kegiatan 45 menit. • Setiap klien mengikuti kegiatan dari awal sampai selesai. 3. Tahap kerja Menjelaskan secara operasional langkah kerja TAK yang akan dilaksanakan satu persatu 4. Tahap terminasi a. Evaluasi 1) Terapis menanyakan perasaan klien setelah mengikuti TAK. 2) Terapis memberikan pujian atas keberhasilan kelompok. b. Rencana Tindak lanjut : terapis meminta klien melaporkan isi, waktu, situasi, dan perasaan c. Kontrak yang akan datng 1) Menyepakati TAK yang akan datang (topik, waktu, tempat) KEGIATAN HARIAN PRAKTEK KLINIK KEPERAWATAN JIWA Nama Mahasiswa : Ruang praktek : HARI/TANGGAL WAKTU KEGIATAN PEDOMAN STRATEGI PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATAN MASALAH TINDAKAN KE KLIEN TINDAKAN KELUARGA PERILAKU KEKERASAN i. SP I 1. Mengidentifikasi penyebab PK 2. Mengidentifikasi tanda & gejala PK 3. Mengidentifikasi PK yang dilakukan 4. Mengidentifikasi penyebab PK 5. Menyebutkan cara mengontrol PK 6. Membantu klien mempraktekan latihan cara mengontrol fisik I 7. Menganjurkan klien memasukkan dalam kegiatan harian ii. SP II 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Melatih klien mengontrol PK dengan cara fisik II 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian iii. SP III 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Melatih klien mengontrol PK dengan cara verbal 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian iv. SP IV 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Melatih klien mengontrol PK dengan cara spiritual 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian v. SP V 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Menjelaskan cara mengontrol PK dengan minum obat 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian A. SP I 1. Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat klien 2. Menjelaskan pengertian PK, tanda & gejala serta proses terjadinya 3. menjelaskan cara merawat klien dengan PK B. SP II 1. Melatih keluarga mempraktekan cara merawat klien dengan PK 2. Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada klien PK C. SP III 1. Membantu keluarga membuat jadwal aktifitas di rumah termasuk minum obat (discharge planning) 2. Menjelaskan follow up klien setelah pulang ISOLASI SOSIAL : A. SP I 1. Mengidentifikasi penyebab isolasi sosial 2. berdiskusi dengan klien tentang keuntungan berinteraksi dg orang lain 3. Berdiskusi dengan klien tentang kerugian tidak berinteraksi dengan orang lain 4. Mengjarkan klien cara berkenalan dengan satu orang 5. Menganjurkan klien memasukkan dalam kegiatan harian B. SP II 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Memberikan kesempatan kepada klien mempraktekan cara berkenalan dengan satu orang (perawat) 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian C. SP III 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Memberikan kesempatan kepada klien mempraktekan cara berkenalan dengan satu orang (klien lain) 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian D. SP IV 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Memberikan kesempatan kepada klien untuk mempraktekan cara berkenalan dengan dua orang atau lebih (kelompok) 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian E. SP V 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Menjelaskan cara patuh minum obat 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian A. SP I 1. Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat klien 2. Menjelaskan pengertian, tanda & gejala serta proses terjadinya isolasi sosial 3. Menjelaskan cara merawat klien dengan isolasi sosial B. SP II 1. Melatih keluarga mempraktekan cara merawat klien dengan 2. Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada klien C. SP III 1. Membantu keluarga membuat jadwal aktifitas di rumah termasuk minum obat (discharge planning) 2. Menjelaskan follow up klien setelah pulang GANGGUAN KONSEP DIRI : HARGA DIRI RENDAH A. SP I 1. Mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki klien 2. Membantu klien menilai kemampuan klien yang masih dapat digunakan 3. Membantu klien memilih kegiatan yang akan dilatih sesuai dengan kemampuan klien 4. Melatih klien sesuai kemampuan yang dipilih 5. Memberikan pujian yang wajar terhadap keberhasilan klien 6. Menganjurkan klien memasukan dlm jadwal kegiatan harian B. SP II 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Melatih kemampuan ke dua 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian C. SP III 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Melatih kemampuan ke tiga dan seterusnya 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian A. SP I 1. Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat klien 2. Menjelaskan pengertian , tanda & gejala serta proses terjadinya HD 3. Menjelaskan cara merawat klien dengan HD B. SP II 1. Melatih keluarga mempraktekan cara merawat klien dengan HD 2. Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada klien HD C. SP III 1. Membantu keluarga membuat jadwal aktifitas di rumah termasuk minum obat (discharge planning) 2. Menjelaskan follow up klien setelah pulang PERUBAHAN PERSEPSI SENSORI : HALUSINASI A. SP I 1. Mengidentifikasi jenis halusinasi klien 2. Mengidentifikasi isi halusinasi klien 3. Mengidentifikasi waktu halusinasi klien 4. Mengidentifikasi frekwensi halusinasi klien 5. Mengidentifikasi situasi yang menimbulkan halusinasi 6. Mengidentifikasi respon klien terhadap halusinasi 7. Mengajarkan klien menghardik halusinasi 8. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian B. SP II 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Melatih klien mengendalikan halusinasi dengan cara bercakap-cakap dengan orang lain 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian C. SP III 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Melatih klien mengendalikan halusinasi dengan melakukan kegiatan (kegiatan yang biasa dilakukan klien) 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian D. SP IV 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Memberikan pendidikan kesehatanntentang penggunaan obat secara teratur 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian A. SP I 1. Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat klien 2. Menjelaskan pengertian , tanda & gejala, jenis halusinasi serta proses terjadinya Halusinasi 3. Menjelaskan cara merawat klien dengan Halusinasi B. SP II 1. Melatih keluarga mempraktekan cara merawat klien dengan Halusinasi 2. Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada klien Haslusinasi C. SP III 1. Membantu keluarga membuat jadwal aktifitas di rumah termasuk minum obat (discharge planning) 2. Menjelaskan follow up klien setelah pulang DEFISIT PERAWATAN DIRI A. SP I 1. Menjelaskan pentingnya kebersihan diri 2. Menjelaskan cara menjaga kebersihan diri 3. Membantu klien mempraktekan cara menjaga kebersihan diri 4. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian B. SP II 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Menjelaskan cara makan yang baik 3. Membantu klien mempraktekan cara makan yang baik 4. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian C. SP III 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Menjelaskan cara eliminasi yang baik 3. Membantu klien mempraktekan cara eliminasi yang baik 4. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian D. SP IV 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Menjelaskan cara berdandan 3. Membantu klien mempraktekan cara berdandan 4. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian A. SP I 1. Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat klien 2. Menjelaskan pengertian, tanda & gejala defisit perawatan diri, jenis perawatan diri yang dialami klien beserta prosesnya 3. Menjelaskan cara-cara merawat klien defisit perawatan diri B. SP II 1. Melatih keluarga mempraktekan cara merawat klien dengan defisit perawatan diri 2. Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada klien defisit perawatan diri C. SP III 1. Membantu keluarga membuat jadwal aktifitas di rumah termasuk minum obat (discharge planning) 2. Menjelaskan follow up klien setelah pulang WAHAM A. SP I 1. Membantu orientasi realita 2. Mendiskusikan kebutuhan yang tidak terpenuhi 3. Membantu klien memenuhi kebutuhannya 4. Menganjurkan klien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian B. SP II 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Berdiskusi tentang kemampuan yang dimiliki 3. Melatih kemampuan yang dimiliki C. SP III 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Memberikan pendidikan kesehatan tentang penggunaan obat secara teratur 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian B. SP I 1. Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat klien 2. Menjelaskan pengertian, tanda & gejala waham, jenis waham yang dialami klien beserta prosesnya 3. Menjelaskan cara-cara merawat klien waham C. SP II 1. Melatih keluarga mempraktekan cara merawat klien dengan waham 2. Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada klien waham D. SP III 1. Membantu keluarga membuat jadwal aktifitas di rumah termasuk minum obat (discharge planning) 2. Menjelaskan follow up klien setelah pulang

Tidak ada komentar: