RSS
Facebook
Twitter

Tuesday, 24 February 2015

Tugas Karu



A.    Jenis perencanaan yang di terapkan di MPKP
Jenis perencanaan yang di terpkan di MPKP adalah perencanaan jangka pendek yang terdiri dari rencana harian, bulanan dan tahunan.
a.       Rencana harian
Rencana harian adalah rencana aktifitas pada setiap shift yang dilakukan oleh perawat asosiet/perawat laksana, perawat primer/ketua tim dan kepala ruangan. Encana harian di buat sebelum operan dilakukan dan dilengkapi pada saat operan dan pre confrence.
1.    Rencana harian kepala ruangan
Isi kegiatan harian kepala ruang meliputi semua kegiatan yang dilakukan oleh seluruh SDM yang ada di ruangan dalam rangka menghasilkan pelayanan asuhan keperawatan yang berkualitas. Kepala ruangan harus mengetahui kebutuhan ruangan dan empunyai hubungan keluar dengan unit yang terkait untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Demikian untuk menjamin terlaksananya asuhan keperaatan pada semua tim di ruangan.
Berikut isi rencana harian kepala ruang meliputi:
ü Asuhan keperawatan
ü Supervisi katim dan perawat pelaksana
ü Supervisi tenaga selain perawat
ü Kerjasama dengan unit yang terkait


 

RENCANA HARIAN KEPALA RUANGAN

Nama Karu       :                   Ruangan          :                                  Tanggal:               
Jumlah Perawat:                   Jumlah Pasien  :

Waktu
Kegiatan
07.30
Operan (Pre Conference), Mengecek SDM, fasilitas, Pasien



08.30
Mengecek kebutuhan pasien (pemeriksaan,kondisi,dll)
09.00
Melakukan interaksi dengan pasien baru/pasien yang memerlukan perhatian khusus



10.00
Melakukan supervisi kepada ketua tim
Ketua Tim I  :
Tindakan      :


Ketua Tim II :
Tindakan      :


11.00
Melaukan supervisi kepada perawat pelaksana
Perawat 1
Nama           :
Tindakan     :

Perawat 2
Nama          :
Tindakan     :


12.00
Hubungan dengan bagian lain terkait rapat-rapat terstruktur/insidentil
13.00
Mengecek ulang keadaan pasien, perawat, lingkungan yang belum teratasi.
Mempersiapkan dan merencanakan kegiatan asuhan keperawatan untuk sore, malam dan besok sesuai tingkat ketergantungan pasien istirahat.



14.00
Operan
Post Conference
2.    Rencana harian ketua tim

RENCANA HARIAN KETUA TIM/PERAWAT PRIMER

Nama Perawat       :                   Ruangan          :                                  Tanggal:               
Pasien  :
                                      1.         ............................. 4...........................................7
                                      2.         ............................. 5...........................................8
                                      3.         ........ .....................6...........................................9

Waktu
Kegiatan
07.30
Operan (Pre Conference)



08.00
Pasien 1

Pasien 2

Pasien 3


09.00
Melakukan supervisi kepada perawat
Perawat 1:
Tindakan :


Perawat 2:
Tindakan :


10.00
Memimpin terapi kelompok
11.00
Pasien 1


Pasien 2


Pasien 3


12.00
Istirahat
13.00
Dokumentasi dan supervisi pendokumentasian yang dibuat perawat

14.00
Operan
3.    Rencana harian perawat pelaksana



RENCANA HARIAN PERAWAT PELAKSANA

Nama Perawat       :                   Ruangan          :                                  Tanggal:               
Pasien  :
                                      1.         ............................. 4...........................................7
                                      2.         ............................. 5...........................................8
                                      3.         ........ .....................6...........................................9

Waktu
Kegiatan
07.30
Operan (Pre Conference)



08.00
Pasien 1

Pasien 2

Pasien 3

09.00
Melakukan supervisi kepada perawat
Perawat 1:
Tindakan :


Perawat 2:
Tindakan :

10.00
Memimpin terapi kelompok
11.00
Pasien 1


Pasien 2


Pasien 3


12.00
Istirahat
13.00
Dokumentasi dan supervisi pendokumentasian yang dibuat perawat

14.00
Operan
4.    Penilaian rencana harian perawat
b.      Rencana bulanan
c.       Rencana tahunan

 
                    TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB KEPALA RUANG RAWAT
                                      1.         Mengatur pembagian tugas jaga rawat (Jadwal Dinas)
                                      2.         Mengatur dan mengendalikan kebersihan dan ketertiban ruangan
                                      3.         Mengadakan diskusi dengan  staf untuk memecahkan masalah diruangan
                                      4.         Membimbing siswa/mahasiswa (bekerjasama dengan pembimbing klink) dalam pemberian asuhan keperawatan di ruangan, dengan mengikuti sistem MPKP yang sudah ada.
                                      5.         Melakukan kegiatan administrasi dan surat-surat
                                      6.         Mengoreintasikan pegawai baru, residen, mahasiswa kedokteran dan mahasiswa keperawtan yang akan melakukan praktik di ruangan (disepakati dengan CCM) dengan menggunakan format orientasi.
                                      7.         Menciptakan dan memelihara hubungan kerja yang harmonis dengan klien/ keluarga dan tim kesehatan lain, antara lain kepala ruang rawat mengingatkan kembaliklien/keluarga tentang perawat/tim yang bertanggung jawab terhadap mereka diruangan yang bersangkutan.
                                      8.         Memeriksa kelengkapan persediaan status keperawatan minimal 5 set setiap hari.
                                      9.         Melaksanaan pembinaan terhadap PP dan PA dalam hal implementasi MPKP termasuk sikap dan tingkah laku profesional.
                                    10.       Bila PP cuti, tugas dan tanggung jawab PP dapat di delegasikan kepada PA senior (Wakil PP pemula yang di tunjuk) tetapi tetap dibawah pengawasan kepala ruang rawat dan CCM
                                    11.       Merencanakan dan memfasilitasi ketersediaan fasilitas yang di utuhka di ruangan.
                                    12.       Membantu dan mengevaluasi penampilan kerja semua tenaga yang ada di ruangan, membuat DP3, dan asulan kenaikan pangkat.
                                    13.       Melakukan pertemuan rutin dengan semua perawat setiap bulan untuk membahas kebutuhan di ruangan.
                                    14.       Merencanakan dan melaksanakan evaluasi mutu asuhan keperawatan (Bersama dengan CCM)
                                    15.       Membuat peta resiko di ruang rawat.
Tugas dan tanggung jawa PP
         1.         Melakukan kontrak dengan klien/ keluarga pada awal masuk ruangan sehingga tercipta hubungan teraupetik. Hubungan ini dibina secara terus menerus pada saat melakukan pengkajian/tindakan kepada klien/keluarga. Panduan orientasi ini sebaiknya di laminating dan di gantung dikamar klien sehingga setiap saat klien/keluarga dapat membaca kembali.
         2.         Melakukan pengkajian terhadapn klien baru atau melengkapi pengkajian yang sudah dilakukan PP pada sore,malam/hari libur.
         3.         Menetapkan rencanaa asuhan keperawatan berdasarkan analisa standart renpra sesuai dengan hasil pengkajian.
         4.         Menjelaskan renpra yang sudah di tetapkan kepada PA dibawah tanggung jawabnya sesuai pasien yang di rawat (pre confrence)
         5.         Menetapkan PA yang bertanggung jawab pada setiap klien, setiap kali giliran jaga.pembagian klien didasarkan jumlah klien, tingkat ketergantungan klien dan tempat tidur yang berdekatan. Bila pada satu tugas jaga(shift) PP di dampingi oleh dua orang PA, maka semua klien dibagi pada keduan PA sebagai penanggung jawabnya.PP akan membantu PA dlam asuhan keperawatan
         6.         Melakukan bimbingan dan evaluasi (mengecek)PA dalam pemberian asuhan keperawatan apakah sesuai SOP
         7.         Memonitor doklumentasi yang dilakukan oleh PA
         8.         Membantu dan mefasilitasi terlaksananya kegiatan PA
         9.         Melakukan tindakan keperawatan yang tidak dilakukan oleh PA
       10.       Melakukan kegiatan serah terima di bawah tanggung jawab bersama dengan PA
       11.       Mendampingi dokter visit bila PP tidak ada, visit di dampingi sesuai PA TIMnya
       12.       Membuat evaluasi dan catatan perkembagan klien setiap hari.
       13.       Memebrikan pendidikan kesehatan pada klien
       14.       Bila PP cuti/libur tugas PP di wakilkan kepada PA yang di tunjuk (wakil PP) dengan bimbingan kepala ruang atau CCM
       15.       Membuat perencanna pulang
       16.       Bekerjasama dengan CCM dalam mengidentifikasi isu yang memerlukan pembuktian sehingga tercipta EBP (Evidence based practice).

Tugas dan tanggung jawab PA
         1.         Membaca renpra yang telah ditetapkan PP
         2.         Membina hubungan tereupetik dengan klien/keluarga, sebagai lanjutan kontrak yang sudah dilakukan PP
         3.         Menerima klien baru (kontrak) dn memberikan informasi berdasarkan format orientasi klien/keluarga jika PP tidak ada di tempat.
         4.         Melakukan tindakan keperawatan pada klien yang berdasarkan renpra.
         5.         Melakulkan evaluasi terhadap tindakan yang telah dilakukan dan mendokumtasikannya pada format yang tersedia
         6.         Mengikuti visit dokter bila PP tidak di tempat
         7.         Memeriksa kerapian dan kelengkapan status keperawatan
         8.         Membuat laporan pergantian dinas dan setelah selesai di paraf
         9.         Menkomunikasikan padake pada PP/PJ dinas bila menemukan masalah yang perlu diselesaikan
       10.       Menyiapkan klien untuk pemeriksaan diagnostik, laboratorium, pengobatan dan tindakan.
       11.       Berperanserta dalam memberikan pendidikan kesehatan pada klien/keluarga yang dilakukan oleh PP
       12.       Melakukan inventarisasi vasilitas yang terkait dengan timnya
       13.       Membatu tim lain yang membutuhkan
       14.       Memberikan resep dan menerima obat dari keluarga klien yang menjadi tanggung jawab dan berkordinasi dengan PP

0 comments:

  • Total Pageviews

    Ns.Tursino.Skep. Powered by Blogger.
  • Contact Form

    Name

    Email *

    Message *