I. MASALAH UTAMA
Perilaku kekerasan ( amuk )
Resiko perilaku kekerasan
II. PROSES TERJADINYA MASALAH
A. Pengertian
Perilakukekerasan / amuk / marahadalah :
• Perasaanjengkel yang timbulsebagairesponterhadapkecemasan / kebutuhan yang tidakterpenuhi yang dirasakansebagaiancaman ( Stuart &Sundeen, 1998 )
• Keadaanindividuberperilaku yang dapatmembahayakansecarafisikbagidirisendirimaupun orang lain ( Townsend, 1998 )
• Suatuemosi yang menentangdarisifatmudahtersinggunghinggamarah yang hebat, yang dialami oleh semua orang dan biasanyamarahini merupakan suatu reaksi terhadap rangsangan yang tidak menyenangkan ( Kaplan &Saddock, 1998 ).
• Perasaanmarahdanbermusuhan yang kuat disertai kehilangan control diri individu, sehingga dapat merusak diri sendiri, orang lain dan lingkungan. ( Keliat, BA, 1994)
B. Etiologi
1. FaktorPredisposisi
a. Psikologis
Kegagalanfrustasiagresif / amuk
Masakanak – kanaktidakmenyenangkan :perasaanditolak, dihina, dianiaya / reaksipenganiayaan
b. Perilaku
Pujian yang diterimapadasaatmelakukan PK.
Mengobservasiataumelihat PK didalam / diluarrumahsehinggamenstimulasiindividumengadopsi PK tersebut.
c. Social budaya
Budayatertutupdanmembalassecaradiam( pasif ).
Control social yang tidakpastiterhadap PK seolah – olah PK diterima di masyarakat.
d. Bioneurologi
Kerusakan system limbic, lobus frontal, lobus temporal danketidakseimbangan neurotransmitter berperanuntukterjadinya PK.
2. FaktorPresipitasi
Dapatbersumberdaridirisendiri, lingkungandaninteraksidengan orang lain / social.
- Dirisendiri : kelemahanfisik, keputusasaan, ketidakberdayaan, kurangpercayadiri
- Interaksi social : interaksi yang provokatif, interaksi yang konflik
- Lingkungan : lingkungan yang rebut, lingkungan yang padat, kritikan yang mengarahpadapenghinaan, kehilangan orang yang dicintai, kehilanganpekerjaan.
C. Tanda Dan Gejala
• Fisik : mukamerah, pandangantajam, nafaspendek, berkeringat, sakitfisik, TD meningkat
• Intelektual :mendominasi, bawel, sarkasme, berdebat, meremehkan.
• Emosi : tidakadekuat, rasa terganggu, marah / dendam, jengkel
• Social : menarikdiri, pengasingan, penolakan, kekerasan, ejekan, humor
• Spiritual :kemahakuasaan, kebajikan / kebenarandiri, keraguan, tidakbermoral, kebejatan, kreatifitasmenurun.
D. Akibatterjadinyamasalah.
• Mengungkapkanmendengar, ataumelihatobyek yang masihmengancam
• Mengungkapkanperasaantakut, cemas, khawatir
Data obyektif :
- Wajahtegang, merah
- Mondar – mandir
- Tanganmengepal
- Keluarkeringatbanyak
III. A. Pohonmasalah
Resikomencederaidiri,orang lain danlingkungan
Gangguankonsepdiri : HDRWaham Perubahanpersepsisensori :halusinasi
Tidakefektifnyakopingindividu Isolasisocial :menarikdiri
Tidakefektifnyapenatalaksanaan regimen terapeutik
B. Masalahkeperawatandan data yang perludikaji
1. Masalahutama : ResikoPerilakukekerasan
Data subyektif :
Klienmengatakantelahmerusakalat – alatrumahtanggadanmemukul orang lain
Data obyektif :
- Tampakcemasdankhawatir
Wajahtampaktegang
- Mondar – mandir
- Merasadiremehkan orang lain
2. Mk :penyebabgangguankonsep : Hargadirirendah.
Data subyektif :
a. Mengungkapkaningindiakuijatidirinya
b. Mengungkaokantidakadalagi yang peduliterhadapdirinya
c. Mengungkapkantidakbisaapa – apa
d. Mengungkapkandirinyatidakberguna
e. Mengkritikdirisendiri
f. Perasaantidakmampu
Data obyektif :
a. Merusakdirisendiri
b. Merusak orang lain
c. Ekspresimalu
d. Menarikdiridarihubungan social
e. Mudahtersinggung
f. Tidakmaumakandantidakmautidur
3. Mk : akibatresikoperilakukekerasan
Data subyektif :
Mengungkapkancemasdankhawatir
Klienmengungkapkanapa yang dilihatdan yang didengarmengancamdanmembuatnyatakut
Data obyektif ;
Wajahklientampaktegang
Mata merahdanmelotot
Rahangmengatup
Tanganmengepal, Mondar – mandir
C. DiagnosaKeperawatan
1. Perilakukekerasan
2. Hargadirirendah
3. Isolasi social
4. Halusinasi
5. Waham
D. Fokusintervensi
DiagnosaKeperawatan 1 : perilakukekerasan
1. TujuanUmum
Kliendapatmengotrolperilakukekerasannya
2. TujuanKhusus
a. TUK 1 : Binahubungansalingpercaya
Kriteriahasil :
- Ekspresiwajahbersahabat
- Menunjukkan rasa tenangdanadakontakmata
- Mau berjabattangandanmenyebutnama
- Mau menjawabsalamdanmaududukberdampingandenganperawat
- Mau mengutarakanmasalah yang dihadapi
Intervensi :
- Binahubungansalignpercayadenganmenggunakanprinsipkomunikasiterapeutik
a. Sapakliendenganramahbaikdengan verbal maupun non verbal
b. Perkenalkandiridengansopan
c. Tanyakannamalengkapkliendannamapanggilan yang disukaiklien
d. Jelaskantujuanpertemuan
e. Jujurdanmenepatijanji
f. Tunjukkansikapempatidanmenerimaklienapaadanya
g. Beriperhatiankepadaklliendanperhatikakebutuhandasarklien
b. TUK 2 : Kliendapatmengidentifikasipenyebab PK
KriteriaHasil :
- Kliendapatmengungkapkanperasaannya
- Kliendapatmengungkapkanpenyebabperasaanjengkel / kesaldiri
Intervensi :
• Berikesempatanuntukmengungkapkanperasaannya
• Bantu klienuntukmengungkapkanperasaannya
• Diskusikanbersamaklienpenyebabprilakukekerasaansaatinidan yang lalu
c. TUK 3 : Kliendapatmengidentifikasitanda PK
Kriteriahasil :
- Kliendapatmengungkapkanperasaansaatjengkel / marah
- Kliendapatmenyimpulkantanda – tandajengkel / kesal yang dialami
IntervensiKeperawatan :
• Anjurkanklienmengungkapkan yang dialamisaatmarah / jengkelpadaklien
• Simpulkanbersamaklientanda – tandajengkel / kesal yang dialamiklien
d. TUK 4 :Kliendapatmengidentifikasi PK yang biasadilakukan.
Kriteriahasil :
- Kliendapatmengungkapkanperilakukekerasan yang biasadilakukanklien
- Kliendapatbermainperandengan PK yang biasadilakukan
- Kliendapatmengetahuicara yang biasa yang dapatmenyelesaikanmasalah
IntervensiKeperawatan :
- Anjurkanklienuntukmengungkapkan PK yang biasadilakukanklien
- Bantu klienuntukbermainperansesuaiindikasidengan PK yang biasadilakukan
- Bicarakandenganklienapakahdengancara yang klienlakukanmasalahselesai ?
e. TUK 5 : Kliendapatmengidentifikasiakibat PK
Kriteriahasil :
Kliendapatmenjelaskanakibatdaricara yang dilakukanklien
IntervensiKeperawatan :
• Bicarakanakibat / kerugiandaricara yang dilakukanklien
• Bersamaklienmenyimpulkanakibatcara yang dilakukan / yang digunakanolehklien
• Tanyakanpadaklienapakahiamaumempelajaricarabaru yang sehat.
f. TUK 6 : Kliendapatmengidentifikasicarakonstruktifdalamberesponsecarakonstruktif
Kriteriahasil :
Kliendapatmelakukancaraberesponterhadapkemarahansecarakonstruktif.
IntervensiKeperawatan :
• Tanyakanpadaklien, “ apakahiainginmempelajaricarabaru yang sehat ?”
• Berikanpujianjikaklienmengetahuicara lain yang sehaT
• Diskusikandengankliencara lain : nafasdalam, verbal, spiritual, social
g. TUK 7 : Kliendapatmendemonstrasikancaramengontrol PK
Kriteriahasil :
Dapatmendemonstrasikancaramengontrol PK dengannafasdalam, verbal, spiritual
IntervensiKeperawatan :
• Bantu klienmemilihcara yang paling tepatdenganklien
• Bantu klienmengidentifikasimanfaatcara yang telahdipilih
• Bantu klienuntukmenstimulasicaratersebut
• Beri reinforcement positifataskeberhasilanklienmenstimulasicaratersebut
h. TUK 8 : Kliendapatdukungankeluargadalammengontrol PK
Kriteriahasil :
Keluargakliendapat :
- Menyebutkancaramerawatklien yang berperilakukekerasan
- Mengungkapkan rasa puasdalammerawatklien
Intervensi :
- Identifikasikemampuankeluargamerawatkliendansikapapa yang telahdilakukankeluargaterhadapklienselamaini
- Jelaskanperansertakeluargadalammerawatklien
- Jelaskancara – caramerawatklien :
Terkaitdengancaramengontrolmarahsecarakonstruktif
Sikaptenang, bicaratenangdanjelas
Membantuklienmengenalpenyebabiamarah
- Bantu keluargamendemonstrasikancaramerawatklien
- Bantu keluargamengungkapkanperasaannyasetelahmelakukandemonstrasi
i. TUK 9 : Kliendapatmenyebutkanobat – obatan yang diminumdankegunaannya ( jenis, waktu, dosisdanefek )
Kriteriahasil :
- Kliendapatmenggunakanobat – obatan yang diminumklienkepadakliensekeluarga
- Kliendapatminumobatsesuaiindikasidengan program pengobatan
Intervensi :
- Jelaskanjenis – jenisobat yang diminumklienkepadakliensekeluarga
- Jelaskan 5 prinsipbenarminumobat
- Anjurkanklienminumobatdanminumtepatwaktu
- Anjurkanuntukmelaporkanpadaperawat / dokterjikamerasakanefek yang tidakmenyenangkan
- Beripujianjikaklienminumobatdenganbenar
DAFTAR PUSTAKA
DepkesRI .1989. PetunjukTeknikAsuhanKeperawatan Ed. 8.Jakarta : EGC
Keliatdkk .1998 .Proses KeperawatanKesehatanJiwa.Jakarta :PenerbitBukuKedokteran EGC
Maramis, WF . 2004. CatatanIlmuKedokteranJiwa. Surabaya :Airlangga University Press
Stuart, GW, Sundeen, SJ . 1995. Pocket Guide To Psychiatric Nursing, Edisi 3,AlihBahasaAchirYani S. Hamid. Jakarta :PenerbitbukuKedokteran EGC
Townsend, Mary C .1998 .BukuSakuDiagnosaKeperawatanPadaKeperawatanPsikiatrik. Jakarta :PenerbitBukuKedokteran EGC
Thursday, 19 July 2012
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment