RSS
Facebook
Twitter

Thursday, 19 July 2012

PEDOMAN SP TINDAKAN KEPERAWATAN

MASALAH TINDAKAN KE KLIEN TINDAKAN KELUARGA PERILAKU KEKERASAN i. SP I 1. Mengidentifikasi penyebab PK 2. Mengidentifikasi tanda & gejala PK 3. Mengidentifikasi PK yang dilakukan 4. Mengidentifikasi penyebab PK 5. Menyebutkan cara mengontrol PK 6. Membantu klien mempraktekan latihan cara mengontrol fisik I 7. Menganjurkan klien memasukkan dalam kegiatan harian ii. SP II 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Melatih klien mengontrol PK dengan cara fisik II 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian iii. SP III 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Melatih klien mengontrol PK dengan cara verbal 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian iv. SP IV 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Melatih klien mengontrol PK dengan cara spiritual 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian v. SP V 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Menjelaskan cara mengontrol PK dengan minum obat 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian A. SP I 1. Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat klien 2. Menjelaskan pengertian PK, tanda & gejala serta proses terjadinya 3. menjelaskan cara merawat klien dengan PK B. SP II 1. Melatih keluarga mempraktekan cara merawat klien dengan PK 2. Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada klien PK C. SP III 1. Membantu keluarga membuat jadwal aktifitas di rumah termasuk minum obat (discharge planning) 2. Menjelaskan follow up klien setelah pulang ISOLASI SOSIAL : A. SP I 1. Mengidentifikasi penyebab isolasi sosial 2. berdiskusi dengan klien tentang keuntungan berinteraksi dg orang lain 3. Berdiskusi dengan klien tentang kerugian tidak berinteraksi dengan orang lain 4. Mengjarkan klien cara berkenalan dengan satu orang 5. Menganjurkan klien memasukkan dalam kegiatan harian B. SP II 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Memberikan kesempatan kepada klien mempraktekan cara berkenalan dengan satu orang (perawat) 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian A. SP III 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Memberikan kesempatan kepada klien mempraktekan cara berkenalan dengan satu orang (klien lain) 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian B. SP IV 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Memberikan kesempatan kepada klien untuk mempraktekan cara berkenalan dengan dua orang atau lebih (kelompok) 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian C. SP V 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Menjelaskan cara patuh minum obat 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian A. SP I 1. Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat klien 2. Menjelaskan pengertian, tanda & gejala serta proses terjadinya isolasi sosial 3. Menjelaskan cara merawat klien dengan isolasi sosial B. SP II 1. Melatih keluarga mempraktekan cara merawat klien dengan 2. Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada klien C. SP III 1. Membantu keluarga membuat jadwal aktifitas di rumah termasuk minum obat (discharge planning) 2. Menjelaskan follow up klien setelah pulang GANGGUAN KONSEP DIRI : HARGA DIRI RENDAH A. SP I 1. Mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki klien 2. Membantu klien menilai kemampuan klien yang masih dapat digunakan 3. Membantu klien memilih kegiatan yang akan dilatih sesuai dengan kemampuan klien 4. Melatih klien sesuai kemampuan yang dipilih 5. Memberikan pujian yang wajar terhadap keberhasilan klien 6. Menganjurkan klien memasukan dlm jadwal kegiatan harian B. SP II 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Melatih kemampuan ke dua 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian C. SP III 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Melatih kemampuan ke tiga dan seterusnya 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian A. SP I 1. Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat klien 2. Menjelaskan pengertian , tanda & gejala serta proses terjadinya HD 3. Menjelaskan cara merawat klien dengan HD B. SP II 1. Melatih keluarga mempraktekan cara merawat klien dengan HD 2. Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada klien HD C. SP III 1. Membantu keluarga membuat jadwal aktifitas di rumah termasuk minum obat (discharge planning) 2. Menjelaskan follow up klien setelah pulang PERUBAHAN PERSEPSI SENSORI : HALUSINASI A. SP I 1. Mengidentifikasi jenis halusinasi klien 2. Mengidentifikasi isi halusinasi klien 3. Mengidentifikasi waktu halusinasi klien 4. Mengidentifikasi frekwensi halusinasi klien 5. Mengidentifikasi situasi yang menimbulkan halusinasi 6. Mengidentifikasi respon klien terhadap halusinasi 7. Mengajarkan klien menghardik halusinasi 8. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian B. SP II 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Melatih klien mengendalikan halusinasi dengan cara bercakap-cakap dengan orang lain 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian C. SP III 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Melatih klien mengendalikan halusinasi dengan melakukan kegiatan (kegiatan yang biasa dilakukan klien) 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian D. SP IV 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Memberikan pendidikan kesehatanntentang penggunaan obat secara teratur 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian A. SP I 1. Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat klien 2. Menjelaskan pengertian , tanda & gejala, jenis halusinasi serta proses terjadinya Halusinasi 3. Menjelaskan cara merawat klien dengan Halusinasi B. SP II 1. Melatih keluarga mempraktekan cara merawat klien dengan Halusinasi 2. Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada klien Haslusinasi C. SP III 1. Membantu keluarga membuat jadwal aktifitas di rumah termasuk minum obat (discharge planning) 2. Menjelaskan follow up klien setelah pulang DEFISIT PERAWATAN DIRI A. SP I 1. Menjelaskan pentingnya kebersihan diri 2. Menjelaskan cara menjaga kebersihan diri 3. Membantu klien mempraktekan cara menjaga kebersihan diri 4. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian B. SP II 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Menjelaskan cara makan yang baik 3. Membantu klien mempraktekan cara makan yang baik 4. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian C. SP III 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Menjelaskan cara eliminasi yang baik 3. Membantu klien mempraktekan cara eliminasi yang baik 4. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian D. SP IV 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Menjelaskan cara berdandan 3. Membantu klien mempraktekan cara berdandan 4. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian A. SP I 1. Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat klien 2. Menjelaskan pengertian, tanda & gejala defisit perawatan diri, jenis perawatan diri yang dialami klien beserta prosesnya 3. Menjelaskan cara-cara merawat klien defisit perawatan diri B. SP II 1. Melatih keluarga mempraktekan cara merawat klien dengan defisit perawatan diri 2. Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada klien defisit perawatan diri C. SP III 1. Membantu keluarga membuat jadwal aktifitas di rumah termasuk minum obat (discharge planning) 2. Menjelaskan follow up klien setelah pulang WAHAM A. SP I 1. Membantu orientasi realita 2. Mendiskusikan kebutuhan yang tidak terpenuhi 3. Membantu klien memenuhi kebutuhannya 4. Menganjurkan klien memasukkan dalam jadwal kegiatan harian B. SP II 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Berdiskusi tentang kemampuan yang dimiliki 3. Melatih kemampuan yang dimiliki C. SP III 1. Mengevaluasi jadwal kegiatan harian klien 2. Memberikan pendidikan kesehatan tentang penggunaan obat secara teratur 3. Menganjurkan klien memasukan dalam jadwal kegiatan harian B. SP I 1. Mendiskusikan masalah yang dirasakan keluarga dalam merawat klien 2. Menjelaskan pengertian, tanda & gejala waham, jenis waham yang dialami klien beserta prosesnya 3. Menjelaskan cara-cara merawat klien waham C. SP II 1. Melatih keluarga mempraktekan cara merawat klien dengan waham 2. Melatih keluarga melakukan cara merawat langsung kepada klien waham D. SP III 1. Membantu keluarga membuat jadwal aktifitas di rumah termasuk minum obat (discharge planning) 2. Menjelaskan follow up klien setelah pulang

0 comments:

  • Total Pageviews

    Ns.Tursino.Skep. Powered by Blogger.
  • Contact Form

    Name

    Email *

    Message *